ABSTRAK


MAEMUNAH Nim 12508 1211, Judul Skripsi Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Mabdail Falah Curug Kota Serang.

Perhatian orang tua adalah suatu upaya yang dilakukan oleh orang tuasebagai bentuk keaktifan jiwa yang diarahkan kepada suatu objek yakni kepada anak-anak dengan meraih tujuan hidup seperti yang dijelaskan pada tujuan pendidikan.
Prestasi belajar adalah  perubahan pada diri siswa dapat dilihat setelah siswa tersebut mengalami proses belajar mengajar, di mana hasil dari kegiatan belajar tersebut berupa angka-angka yang dapat dilihat pada akhir semester.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Perhatian orang tua Siswa? Bagaimana Prestasi Belajar Siswa? Sejauhmana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Siswa Kelas II pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam di SMP Mabdail Falah Curug Kota Serang.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perhatian orang tua siswa, Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Mabdail Falah Curug Kota Serang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Mabdail Falah Curug Kota Serang dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriftif survey, dengan teknik penumpulan data: observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan study pustaka.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan data-data hasil penelitian tentang perhatian orang tua, diperoleh nilai Mean  43.17 standar deviasi 3.364 dan data prestasi belajar siswa diperolehi Mean  42.33 standar deviasi 2.940, sedangkan prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam (Y) dipengaruhi sebesar 67,30 % oleh perhatian orang tua siswa sedangkan sisanya 33,7% disebabkan oleh faktor lain.
Sehingga perhatian orang tua siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam, hal ini terbukti nilai thitung > ttabel, atau 7,596 > 2,048.



untuk mendapatkan skripsi lengkap klik di sini

0 comments:

Post a Comment