ABSTRAK


BAI AKSANAH (2012), PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGENAI KOPERASI DI KELAS IV SD NEGERI PETIR 02  KECAMATAN PETIR KABUPATEN SERANG

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS khususnya mengenai Koperasi karena cara guru  mengajar masih kurang memotivasi dan menarik minat siswa.
Rumusan yang dikemukakan adalah 1. Bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS mengenai koprasi dengan menggunakan pendekatan lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2?, 2. Berapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi IPS mengenai koprasi melalui pendekatan alam sekitar di SD Negri Petir 2? Tujuan penelitian ini adalah 1. Ingin meningkatkan Kemampuan belajar siswa pada pembelajaran IPS mengenai koperasi dikelas IV dengan pendekatan lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2 Petir Serang, 2. Ingin mengetahui berapa besar hasil belajar siswa melalui pendekatan lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2 Petir Serang
Pembelajaran yang di gunakan adalah pendekatan lingkungan sekitar, dengan maksud ingin memperoleh gambaran dari fakta-fakta dilapangan. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negri Petir 02 dengan jumlah 31 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan belajar siswa pada setiap siklusnya di lihat dari perolehan nilai sebagai berikut: Siklus I = 3.00 dan Siklus II = 4.00 dengan nilai persentase siklus II (75%) dan Siklus II (100%). Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dilihat dari perolehan nilai rata-rata sebagai berikut: siklus I = 6.23 dan siklus II 7.30
Kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan pendekatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran IPS mengenai koperasi dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rekomendasi bagi guru, hendaknya terampil dalam menentukan penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran dalam proses pembelajarannya di sesuaikan dengan materi yang diajarkan agar pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.



untuk mendapatkan skripsi lengkap klik di sini

0 comments:

Post a Comment