ABSTRAK
BAI AKSANAH (2012), PENDEKATAN LINGKUNGAN
SEKITAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGENAI
KOPERASI DI KELAS IV SD NEGERI PETIR 02
KECAMATAN PETIR KABUPATEN SERANG
Penelitian ini dilatar belakangi oleh
kenyataan di lapangan yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS khususnya mengenai Koperasi karena cara guru mengajar masih kurang memotivasi dan menarik
minat siswa.
Rumusan yang dikemukakan adalah 1. Bagaimana
kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS mengenai koprasi dengan menggunakan pendekatan
lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2?, 2. Berapa besar peningkatan hasil
belajar siswa pada bidang studi IPS mengenai koprasi melalui pendekatan alam
sekitar di SD Negri Petir 2? Tujuan penelitian ini adalah 1. Ingin
meningkatkan Kemampuan belajar siswa pada pembelajaran IPS mengenai koperasi
dikelas IV dengan pendekatan lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2 Petir
Serang, 2. Ingin mengetahui berapa besar hasil belajar siswa melalui pendekatan
lingkungan sekitar di SD Negri Petir 2 Petir Serang
Pembelajaran yang di gunakan adalah pendekatan
lingkungan sekitar, dengan maksud ingin memperoleh gambaran dari fakta-fakta
dilapangan. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negri Petir 02
dengan jumlah 31 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya
peningkatan kemampuan belajar siswa pada setiap siklusnya di lihat dari
perolehan nilai sebagai berikut: Siklus I = 3.00 dan
Siklus II = 4.00 dengan nilai persentase siklus II (75%) dan Siklus II (100%). Adanya
peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dilihat dari perolehan
nilai rata-rata sebagai berikut: siklus I = 6.23 dan
siklus II 7.30
Kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan
pendekatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran IPS mengenai koperasi dapat
meningkatkan kemampuan belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Rekomendasi bagi guru, hendaknya terampil dalam menentukan penggunaan metode
dan pendekatan pembelajaran dalam proses pembelajarannya di sesuaikan dengan
materi yang diajarkan agar pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
untuk mendapatkan skripsi lengkap klik di sini
untuk mendapatkan skripsi lengkap klik di sini
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment