HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Posted by Unknown On Sunday 12 August 2012 0 comments


ABSTRAKSI

SEPTINA ZIHADATI NUPUS, NIM. A-19.0708.2428, HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DENGAN  PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(Studi Kasus Di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang)
Profesionalime Guru adalah suatu profesi atau jabatan yang ditekuninya secara khusus di bidang pendidikan dan pengajaran. Serta selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan profesinya. Sehingga dia menjadi Guru yang berkualitas dan mampu mengaplikasikan keahlian ilmu yang dimilikinya, terutama dalam mengantisipasi dinamika kurikulum agar relevan dengan perkembangan zaman.
Prestasi belajar adalah  perubahan pada diri siswa dapat dilihat setelah siswa tersebut mengalami proses belajar mengajar, di mana hasil dari kegiatan belajar tersebut berupa angka-angka yang dapat dilihat pada akhir semester.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Profesionalisme Guru di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang, 2. Bagaimana Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang, 3. Apakah ada hubungan yang positif antara Profesionalisme Guru dengan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1.  Untuk mengetahui Profesionalisme Guru di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang. 2. Untuk mengetahui Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang. 3. Untuk mengetahui hubungan antara Profesionalisme Guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Terpadu Bismillah Padarincang Serang.
Penelitian ini di laksanakan di SMP Terpadu Bismillah Padarincang, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriptive survey dengan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, teknik dokumentasi populasi diambil dari kelas VIII dengan jumlah 124 X 25% = 31.
Berdasarkan hasil korelasi antara variabel X dan Variabel Y diketahui bahwa (rxy) diperoleh = 0,778 hal ini menunjukan terdapat korelasi yang erat karena ada di antara 0,60-0,799. Selanjutnya berdasarkan hasil uji signifikan bahwa thitung = 56,405 dan ttabel = 27,55 dimana thitung > dari ttabel yang interfrestasinya ialah terdapat korelasi fositif yang signifikan antara Profesionalisme Guru Dengan  Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun kontribusi Variabel X terhadap Variabel Y adalah 60,53% sedangkan sisanya 39,47 dipengaruhi oleh faktor lain.


untuk mendapatkan skripsi lengkap klik di sini

0 comments:

Post a Comment